Contoh Report Text tentang Bencana Alam Tsunami


Contoh Report Text tentang Bencana Alam Tsunami - Mari kita bahas kembali masalah report text sebelum kita melihat contoh report text tentang bencana alam tsunami.

Report text adalah jenis monologue text yang berfungsi untuk memberikan gambaran umum mengenai suatu jenis fenomena/objek. Misalnya report text tentang planet, hewan, tumbuhan, manusia, dan barang-barang.

Spesifikasi Report Text

  1. Generic structure - Report text terdiri dari General classification dan Description.
  2. Language features - unsur bahasa yang dipakai antara lain adalah noun, adjective, verb, dan simple present tense.

Contoh Report Text tentang Bencana Alam Tsunami

tsunami














Tsunami

Tsunami or also known as a seismic sea water is a series of waves in a water body in a big lake, sea, and ocean. The phenomenon is caused by the displacement of a vast volume of water due to some underwater diaturbance such as earthquake, volcanic erruption, and other explosion. Tsunami is naturally impactful and almost always deadly depends on the distance to the off-shore.

Tsunami behaves differently from normal sea currents and waves. First of all, the wavelength is far longer and rising really fast. Some people call tsunami tidal waves since it often appeqrs as a rapidly rising tides. But this term is not accurate as it suggests a false impression of a causal relation between tides and tsunami. Tsunami consists of a series of waves that can last for several minutes to several hours. Ten metres waves are common in every tsunami occurence.

Although the impact is mostly received by the coastal areas, the destructive power is really more than that. A masive tsunami can affect the whole ocean basins. The 2004 Indian Ocean tsunami is the prime example of tsunami destruction. It is one of the deadliest tsunami ever recorded in the history, killing at least 230.000 casualties from 14 different countries around the indian ocean including Indonesia.

Terjemahan:

Tsunami

Tsunami atau biasa disebut dengan gelombang laut seismik adalah rangkaian ombak dalam badan air. Fenomena ini disebabkan oleh pengosongan air dalam volume yang besar karena berbagai macam gangguan bawa air seperti gempa bumi erupsi gunung berapi dan ledakan bawah air lainnya. Tsunami biasanya sangat berdampak dan berpotensi membunuh tergantung dari jarak ke pantai.

Tsunami berlaku berbeda dari ombak dan arus laut yang normal. Yang pertama jarak ombaknya jauh lebih panjang dan cepat dari yang normal. Beberapa orang menyebutnya ombak pasang karena ia sering muncul seperti pasang yang datang dengan luar biasa cepat. Tapi istilah ini tidaklah tepat karena itu memberikan impresi yang salah akan hubungan sebab akibat antara ombak dan pasang. Tsunami terdiri dari rangkaian ombak setinggi kurang lebih 10 meter yang bisa terjadi selama beberapa menit sampai beberapa jam.

Walaupun dampaknya nya sebagian besar dirasakan hanya oleh area di sekitar pantai namun kekuatan penghancurnya jauh lebih kuat daripada itu. Sebuah tsunami yang cukup besar bisa mempengaruhi seluruh ekosistem Samudra. Tsunami tahun 2004 di Samudera Hindia adalah salah satu contoh kedahsyatan tsunami. Itu adalah salah satu tsunami yang paling mematikan yang pernah terekam di dalam sejarah, membunuh setidaknya 230000 korban dari 14 negara yang berbeda di sekitar Samudra Hindia termasuk Indonesia.

Analisis report text tentang tsunami:
  1. General classification - paragraf pertama berisi tentang gambaran umum tentang tsunami beserta dengan Penyebab umum terjadinya tsunami.
  2. Description - paragraf kedua berisi penampakan serta komponen yang terdapat dalam tsunami. Paragraf ketiga berisi Bagaimana ganasnya tsunami dan contoh nya.

Demikianlah contoh report text tentang bencana alam tsunami. Bagaimana pendapat kalian. Bisakah kalian membuat report text tentang bencana favorit kalian?

0 Response to "Contoh Report Text tentang Bencana Alam Tsunami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel