Report Text - Fungsi, Generic Structure, Language Features, dan Contoh

Apa Itu Report Text? 

report text

Report Text - Fungsi, Generic Structure, Language Features,  dan Contoh. Seperti yang kita tahu, dalam bahasa Inggris terdapat banyak jenis monologue text. Fungsi mpnologue text ini bermacam-macam, mulai dari memberi penjelasan, gambaran, argumentasi, dan hiburan.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengupas tuntas salah satu teks yang berfungsi untuk memberikan gambaran, yaitu report text. 

Report text adalah jenis text yang berfungsi untuk memberikan gambaran umum mengenai suatu jenis fenomena/objek. Misalnya report text tentang planet, hewan, tumbuhan, manusia, dan barang-barang. 

Report Text vs Descriptive Text

Report dan descriptive text sama-sama berfungsi untuk memberikan gambaran. Tetapi, descriptive text hanya menggambarkan sebuah objek spesifik sementara report mencakup keseluruhan jenis tersebut. 

Misal:
  1. Cartoon (report text) vs spongebob (descriptive text) 
  2. Cat (report text) vs My sister's cat (descriptive text) 

Report text biasanya dibuat dengan lebih berhati-hati karena yang digambarkan adalah kriteria objek secara umum sehingga membutuhkan riset dan analisis ke objek tersebut secara luas. 

Sementara descriptive text tidak memiliki bagian ini karena yang digambarkan hanya satu objek tanpa harus mempertimbangkan kemungkinan berbeda dari objek lain dalam spesies yang sama.

Spesifikasi dari Report Text

Report text memiliki beberapa ciri khusus yang membuatnya berbeda dari jenis monologue text lainnya, bahkan descriptive text. 

1. Generic Structure Report Text

Sebuah report text yang baik harus terdiri dari paragraf yang mencakup:
  1. General Classification - adalah pernyataan umum mengenai objek mencakup gambaran umum dan klasifikasi objek. 
  2. Description - adalah ciri khusus dari objek tersebut, mirip seperti pada descriptive text, namun penyusunannya lebih ilmiah dan sistematis.

 2. Language Features Report Text

Berikut adalah unsur kebahasaan yang biasa ditemui dalam report text:
  1. Noun - unsur pertama yang pasti ada adalah kata benda. Common noun (cat, planet, girl)  biasa digunakan 
  2. Adjective - untuk menggambarkan sifat dan kualitas objek, segala jenis adjective pasti digunakan seperti beautiful, massive, blue, dll.
  3. Simple Present Tense - bentuk kata kerja yang paling umum digunakan adalah simple present tense, atau simple past tense untuk objek yang sudah hilang, hancur, atau punah.
  4. Verb - selain noun dan adjective, action verb seperti walk, sleep, dan dance, serta linking verbs seperti is, are, grow, turn juga digunakan dalam descriptive text.

Contoh Report Text

Cheetah

Cheetah (Acinoxys Jubatus) is a large cat species from Felinae sub-family appears in africa. Its habitats are arid places such as savannahs, scrub forest,  and dry forest. Cheetah is listed as endangered animal as a result of habitat loss, hunting,  etc.

Cheetah has yellowish base fur and covered with nearly 2000 solid black spots.  It has a slender body with a relatively small head, black tear-like spots on the face, four long legs and a long tail. Its body span is about 70-90cm and weighs 21-72 kg.

Cheetah's average running speed is about 64 km/h while hunting. But it is infamous for ita acceleration rate. It could accelerate up to 112 km/h on short distance. Therefore cheetah is crowned as the fastest animal on land. Cheetah may not have the same strength as other predator, but its speed and acceleration makes it as deadly as them.

Terjemahan:

Cheetah

Cheetah adalah spesies kucing besar dari sub-famili Felinae yang ada di Afrika. Habitat cheetah adalah daerah kering seperti sabana, hutan kering dan belukar. Ia termasuk hewan yang terancam punah karena penyempitan habitat, perburuan, dll.

Cheetah memiliki kulit kekuning-kuningan yang ditutupi sekitar 2000 bintik hitam di sekujur tubuh nya. Dia memiliki tubuh yang ramping dengan kepala yang relatif kecil, loreng hitam menyerupai air mata, empat kaki yang panjang, dan satu ekor. Panjang Tubuhnya sekitar 70-90cm dengan berat tubuh 21-72 Kg.

Kecepatan rata-rata lari cheetah adalah 64 km/jam. Tetapi cheetah terkenal akan akselerasi berlari nya dan dapat mencapai kecepatan maksimum mencapai 112 km/jam untuk waktu singkat. Karenanya, cheetah dinobatkan sebagai hewan darat tercepat. Mungkin cheetah tidak sekuat hewan pemburu lain, tetapi kecepatannya membuat cheetah mematikan seperti lainnya.

Analisis:

General specification: Paragraf pertama berisi klasifikasi dan info umum tentang cheetah.

Description: paragraf kedua berisi deskripsi bentuk fisik cheetah, dan paragraf ketiga berisi kemampuan berburu sang cheetah.

Demikian pembahasan kita tentang report text beserta contohnya. Sudahkah kalian mengerti? Cobalah membuat report text kalian tentang favorit kalian.


0 Response to "Report Text - Fungsi, Generic Structure, Language Features, dan Contoh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel