Descriptive Text - Fungsi, Generic Structure, dan Contoh

Apa itu Descriptive Text?

descriptive text
Descriptive Text - Fungsi, Generic Structure, dan Contoh - Seperti yang kita ketahui, dalam bahasa inggris terdapat 16 teks monolog (monologue text) seperti narrative text, report text, recount text, descriptive text dan lain lain

Di kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang descriptive text. Descriptive text adalah jenis teks monolog yang berfungsi untuk menggambarkan suatu objek. Objek yang digambarkan dapat berupa orang, hewan, tumbuhan, dan barang-barang.

Descriptive text hanya menggambarkan objek spesifik bukan suatu objek secara keseluruhan. Artinya, objek yang di gambarkan hanya ada satu dan unik, yang membuat satu objek tersebut berbeda dengan objek lain yang sejenis.

Setelah membaca descriptive text yang kita buat, diharapkan para pembaca memiliki gambaran dan dapat membayangkan seperti apa objek yang dideskripikan.

Ciri - Ciri Descriptive text

Seperti monologue text pada umum nya, tentu descriptive text memiliki ciri spesifik yang membedakan dari teks lainnya, mulai dari generic Structure dan language features yang digunakan.

Generic Structure dari Descriptive Text

Berikut adalah generic structure descriptive text:
  1. Identification - adalah paragraf pendahuluan. Paragraf ini berisi gambaran umum dari objek yang dipilih. Bagian ini berfungsi untuk mengenalkan pembaca dengan objek tersebut.
  2. Description - adalah paragraf yang berisi ciri-ciri khusus dari objek. Ciri khusus dapat berupa tampilan fisik, sifat, atau kehidupan pribadi. Dalam menggambarkan paragraf description, kita bisa melanjutkan secara lebih spesifik dari paragraf pertama, atau kita bisa membahas aspek lain dari objek deskripsi.

Language features/unsur kebahasaan yang digunakan

Unsur bahasa yang digunakan antara lain simple present tense, menggunakan kata benda dan kata sifat. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:
  1. Noun - unsur pertama yang pasti ada adalah kata benda, dan lebih spesifiknya proper noun seperti lucy, stanford bridge, dan Jakarta karena objek deskripsi harus spesifik.
  2. Adjective - untuk menggambarkan sifat dan kualitas objek, segala jenis adjective pasti digunakan seperti beautiful, massive, blue, dll.
  3. Simple Present Tense - bentuk kata kerja yang paling umum digunakan adalah simple present tense, atau simple past tense untuk objek yang sudah hilang, hancur, atau punah.
  4. Verb - selain noun dan adjective, action verb seperti walk, sleep, dan dance, serta linking verbs seperti is, are, grow, turn juga digunakan dalam descriptive text.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak contoh descriptive text di bawah ini:

My Cat

I have one pet at home. She is a cat. I name her kitty. She is really cheerful and cute. I bought her from a pet shop in my towm last year. Since then, I have always been close to Kitty.

Kitty is an Angora species. It has fluffy and thick yellow fur. These fur makes her look fat even though she is actually slim. She has beautiful eyes and a cute flat nose. Naturally she grows claws in each finger, but I have them cut by the doctors regularly so that Kitty is harmless and healthy.

She likes various kinds of food. I feed her fish and eggs daily. But besides that, she likes hunting mice and eat them. Besides meat and fish, Kitty also does not refuse some rice and vegetables. Especially, she likes tempe very much.

Terjemahan:

Kucing Ku

Aku memiliki satu piaraan di rumah. Ia adalah kucing. Aku menamainya Kitty. Dia sangat riang dan imut. Aku membeli nya dari satu toko hewan piaraan di kota tahun lalu. Semenjak itu, aku selalu dekat dengan Kitty.

Kitty adalah spesies kucing anggora. Dia memiliki bulu lembut dan tebal. Bulu ini yang membuatnya terlihat gendut walaupun sebenarnya tidak. Dia juga memiliki mata yang indah dan hidung pesek yang imut. Secara natural, Kitty memiliki cakar, tetapi aku selalu memtongnya di dokter agar Kitty tak berbahaya dan sehat.

Dia suka berbasi macam makanan. Biasanya aku memberinya makan ikan dan telur. Tetapi selain itu, ia juga suka berburu tikus dan memakannya. Selain daging dsn ikan, Kitty juga menyukai nasi dan sayuran. Dia juga sangat suka dengan tempe.

Demikian penjelasan lengkap mengenai descriptive text. Cukup mudah bukan. Sekarang coba buat descripti text mu sendiri.


0 Response to "Descriptive Text - Fungsi, Generic Structure, dan Contoh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel